Kids Jaman Now !


Akhir-akhir ini kita sering mendengar bahasa gaul, "Kids jaman now", "Dosen jaman now", "Mak-mak jaman now" dan masih banyak lagi. Bahasa gaul demi bahasa gaul selalu baru dengan berjalannya waktu. Pasti deh selalu ada yang baru.

sumber gambar: film-grab.com
Salah satu faktor munculnya bahasa gaul yakni hal-hal yang viral di media sosial. Bisa dari kejadian lucu, kejadian aneh dan peristiwa lainnya yang menyita perhatian publik. Mungkin kita masih ingat dengan bahasa gaul yang viral dipertengahan tahun 2015 "Sudah kuduga" , kemudian "Maafkan aku yang dulu" diakhir 2016 dan yang terakhir adalah " bla..bla..bla.. Jaman Now" dipertengahan tahun 2017 ini.
sumber gambar: film-grab.com
Bahasa gaul ini tak mengenal kelas masyarakat. Dari kelas bawah hingga atas, semua menggunakan. Tak bisa mengelak memang, bahasa gaul semacam ini bisa viral tak lain dan tak bukan karena media sosial. Ketika banyak orang menggunakan hastag yang sama secara bersamaan, maka status apapun yang menggunakan hastag tersebut akan naik (top topic).


Setiap ada bahasa gaul baru dan viral, keesokan harinya pasti akan menjadi sebuah lagu. Masih ingat dengan istilah "Maafkan aku yang dulu" kan ? Tau nggak kalau istilah itu menjadi sebuah lagu yang dinyanyikan iMeyMey, belum tau ? Lihat dulu nih videonya.



Bener kan ? wkwk.
Sesuatu yang viral di Indonesia hampir selalu menjadi sebuah lagu. Masih ingat dengan Om Telolet Om ? Nah, bukan hanya orang Indonesia yang menjadikan bahasa gaul itu menjadi sebuah lagu dan remix. Beberapa DJ erkenal dunia dan Musisi Youtube Internasional seperti Kurt Hugo Schneider juga berpartisipasi meramaikan viral-nya "Om Telolet Om", berikut videonya.





Beberapa hari ini aku Ujian Tengah Semester. Nah salah satu mata kuliah ujiannya, take home. Aku diminta menganalisis budaya di daerah asalku menggunakan salah satu BAB dari buku Larry A. Samovar dkk yang judulnya Communication Between Cultures. 

Pas ngerjain, aku berhenti di salah satu halaman. Dalam hati, "Iya ya, bener.". Intinya Samovar dkk bilang kalau kamu ingin melihat variasi bahasa, coba deh tonton film di era 40's, 50's dan 60's. Perhatikan slang yang digunakan. Darisana kamu bisa lihat kalau bahasa itu selalu mengalami  perubahan.


Bahasa itu variasinya banyak banget! Mendatang, istilah-istilah dan bahasa gaul akan terus mengalami pembaharuan. Mungkin bahasa gaul saat ini akan sangat berbeda dengan bahasa gaul sepuluh tahun kedepan. Jangan sepuluh tahun deh, dalam setahun aja sudah banyak yang baru.


So, sudah update istilah atau bahasa gaul apa yang lagi happening ? Apa coba ? Tulis di kolom komentar yak !

Share:

0 comments